Jumat, 14 Maret 2014

5 Tips Sebelum Menghadapi Ujian Nasional

14


Sebagai manusia yang hidup di dunia, secara normal kita akan diberikan suatu ujian oleh Tuhan. Dan dengan ujian itulah kita sebagai manusia akan tumbuh menjadi lebih dewasa.
Ujian, dari kata dasarnya adalah UJI yang berarti kita akan diUJI apakah kita mampu untuk menjadi lebih dewasa dan cerdas atau masih belum mampu.
Sebenarnya untuk menghadapi ujian itu kita butuh persiapan yang matang, karena apapun ujiannya minumnya teh botol sosor kita harus mempersiapkannya agar kita tidak semakin merasa terpuruk saat ujian itu datang.
Gue punya contoh orang yang nggak siap menghadapi Ujian : 
"Sore itu Minah melihat pacarnya Supardi jalan bergandengan tangan dengan mantannya Sukiyem. Kemudian Minah sangat kecewa atas apa yang dia lihat sore itu. Minah kecewa, frustasi, demam, menggigil sampai-sampai belatung keluar dari sekujur tubuhnya dan akhirnya mati mengenaskan tanpa busana."
Dari contoh diatas, mungkin yang cerdas akan bertanya "apa hubungannya contoh itu dengan Tulisan yang berjudul Tips Sebelum Menghadapi Ujian Nasional ?"
Jawaban gue : JELAS ENGGAK ADA.....................................................................

Okey, langsung aja tips-tips untuk kalian Sebelum Menghadapi Ujian Nasional (khususnya anak SMA)

Yang pertama : BELAJAR. Ya jelaslah belajar, gimana lo mau dapet nilai yang bakalan menyelamatkan lo dari kata TIDAK LULUS kalo lo nggak belajar ?
Ya minimal lo baca, karena dengan membaca lo bisa bilang ke temen lo gini
“Sumpah demi Tuhan, gue baca buku kok semalem”
Kan enak temen lo bakalan nyangka "wah rajin juga ya ni anak"
Padahal yang lo baca itu cuma cover bukunya doang. Tapi nggak apa-apa, yang penting baca.
Pesan dari gue : JANGAN PERNAH MALAS BELAJAR KARENA KALIAN TIDAK PERNAH MERASA MALAS KETIKA MENGEJAR GEBETAN ATAU MANTAN PACAR !!

Yang kedua : Makanlah makanan yang sehat dan bergizi. Ini penting banget karena sekarang ini kalian sedang sibuk-sibuknya Bimbingan belajar, Try Out, Ujian praktik, Remedial kimia, diselingkuhin pacar dan lain-lain.......
Maka dari itu. Untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh, kalian wajib makan-makanan yang sehat dan bergizi.
Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah-buahan. Khusus kalian yang cowok, untuk saat ini tolong distop dulu mengkonsumsi susu rasa Cabe-Cabean..................

Yang ketiga : Jangan percaya hal-hal mustahil dan nggak masuk akal.
Contoh : lo bakar semua buku pelajaran lo kemudian abu hasil pembakaran tadi lo masukin kedalem gelas kemudian lo tuang air hangat dan mencampurnya dengan sedikit gula lalu diaduk dan diminum. Itu nggak akan bisa ngebuat lo hebat saat ujian, karena yang bakalan lo dapet adalah  tidak sadarkan diri berminggu-minggu di rumah sakit dan saat lo sadar, lo bakalan menerima surat yang menyatakan “ANDA TIDAK LULUS UJIAN TAPI ANDA LULUS DARI MAUT”

Yang keempat : Berdoa. Ini adalah salah satu bagian penting dalam kesuksesan kalian menghadapi Ujian Nasional. Berdoalah setiap hari karena dengan berdoa, tuhan akan selalu melancarkan usaha yang telah kita lakukan.
Mintalah doa kepada orang tua kalian, sebelum minta doanya minta maaf dulu kepada mereka jika kalian punya kesalahan (pasti punya) yang mungkin menyakiti hati mereka. Jangan sampai kalian malah menyakiti hati orang tua kalian sebelum Ujian Nasional. Gue cuma takut kalo itu terjadi lo bukannya dikasih doa tapi malah dikutuk jadi upil kering yang bersarang di bawah meja.
Ingat ! minta Doa, bukan minta-minta dilampu merah........

Yang kelima : Istirahat yang cukup. Jangan terlalu memaksakan otak dan tubuh kalian bekerja terus-menerus karena itu bisa membahayakan diri kalian sendiri. Jangankan manusia, mesin yang nggak punya perasaan juga kalo dipake terus-terusan cepet rusak kok. Kalo mesin punya perasaan sama punya mulut dia pasti udah bilang
“woy kampret berenti dulu kek, gue capek nih pengen ngeroko sama ngopi dulu. Yaelahhhh...”
Saran gue, coba selalu luangkan waktu kalian untuk menyegarkan otak. Yang punya pacar jalan sama pacarnya ke hongkong kek, singapur kek, jerman kek.
Yang nggak punya pacar bisa maen comberan atau nyari cabe-cabean, modusin cewek or cowok kesekolah lain atau apalah yang bisa bikin otak sama badan lo seger lagi.

Mungkin dari gue cukup segitu untuk persiapan simple sebelum Ujian nasional. Jika kalian punya tambahan tips lainnya, silahkan tambahkan di kolom komentar ! :3

14 komentar:

  1. Hahaha dari yang ketiga langsung ketahuan angkatan 90-an banget itu. Angkatan sekarang mah udah ngga ada. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mihihihi...
      Angaktan sekarang minumnya enernyott.. :D

      Hapus
  2. Istirahat yang cukup ajaa :v

    BalasHapus
  3. Belajar, belajar, belajar, ah sampe capek sendiri yang belajar ya -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan cape untuk belajar bang broh.. :D

      Hapus
  4. susu rasa ((Cabe-Cabean)) :lepimean: :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke rasa cabe lebih hot......................

      Hapus
  5. gak ada 'Jangan Minum L-men' gitu? harusnya ada. takutnya kalo minum L-men nanti pas ujian bukannya jawabannya dibuletin, malah di kotak-kotak'in biar keliatan six pack.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, bener juga lo bang..
      wakakakakakakak

      Hapus
  6. harusnya ada tips supaya nyari banyak temen.. terutama temen di kementrian pendidikan.. siapa tau dapet bocoran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahahaa..
      lupa nyantumin gue brohhh.. :D

      Hapus
  7. Belajar, Berdoa, dan makan .... saya rasa itu sudah cukup ... oh iya jangan lupa siapin obat bius, buat pengawas :))

    BalasHapus